HomeGaya HidupKenalan dengan Polyglot, Apa itu? Bisa Bikin Kamu Keliling Dunia dengan Mudah

Kenalan dengan Polyglot, Apa itu? Bisa Bikin Kamu Keliling Dunia dengan Mudah

Published on

spot_img

 216 total views

INN NEWS – Pernah dengar istilah polyglot? Istilah ini kerap disamakan dengan multilingual, yaitu kondisi saat seseorang memahami lebih dari satu bahasa. Padahal, polyglot dan multilingual adalah hal yang berbeda. Seorang polyglot mampu menguasai lima bahasa atau lebih.

Mereka bisa berbicara, menulis, maupun membaca dalam bahasa yang beragram. Banyak orang yang mengira kalau polyglot adalah sebuah bakat khusus. Padahal, kemampuan ini nyatanya bisa dipelajari oleh siapa saja.

Apa itu Polyglot?

Jika seseorang mampu berbicara, menulis dan membaca dalam lima bahasa atau lebih, berarti ia adalah seorang polyglot. Nyatanya, kemampuan ini bisa diperoleh oleh siapa pun.

Sebab, mayoritas polyglot memang mendedikasikan waktunya untuk mendalami bahasa asing. Jadi, siapa pun sebenarnya bisa menjadi polyglot asalkan punya kemauan untuk mempelajari berbagai bahasa.

Fakta unik lainnya, seorang polyglot ternyata punya struktur otak yang lebih unik. Studi ini bermulai ketika para peneliti berkesempatan untuk membedah bagian otak Emil Kerbs, seorang tokoh polyglot terkenal, pada tahun 2004.

Kerbs merupakan seorang diplomat Jerman yang mampu berbicara 65 bahasa. Saat menelitinya, bagian otak yang disebut broca tampaknya berbeda dari orang normal. Bagian otak tersebut khusus bertugas untuk memproses bahasa.

Kendati begitu, para peneliti belum bisa memastikan apakah struktur yang unik ini memang sudah ada sejak lahir atau menjadi unik karena kebiasaan Kerbs yang rutin mempelajari bahasa baru.

Namun, para peneliti memastikan bahwa aktivitas saraf otak polyglot berbeda dengan orang pada umumnya. Pasalnya, seseorang yang sering mempelajari hal baru seperti bahasa, memiliki kemampuan kognitif yang lebih terasah.

Hal ini terbukti juga dari sebuah eksperimen pada tahun 2014. Penelitian membuktikan kalau seseorang yang hanya berbicara satu bahasa perlu bekerja keras untuk fokus pada sebuah kata. Sedangkan seorang polyglot memiliki kemampuan otak yang lebih efisien untuk memilah informasi yang penting saja.

Penelitian lain juga menyebutkan orang yang menguasai lebih dari satu bahasa punya risiko lebih rendah mengidap Alzheimer. Kamu bisa membaca artikel berikut ini untuk mengetahui informasi lengkapnya: Cara Menjaga Kesehatan Otak dengan Kemampuan Bilingual.

Ingin tahu hal ini lebih lanjut? Kamu bisa mendiskusikannya dengan dokter tepercaya di Halodoc. Gunakan aplikasinya sekarang untuk mendapatkan saran atau jawaban terbaik dari ahlinya!

Tips Ampuh Menguasai Banyak Bahasa Asing

Jika kamu tertarik untuk menjadi seorang polyglot, berikut sejumlah tips yang bisa kamu coba:

1. Pelajari satu bahasa pada satu waktu

Kamu bisa memulainya dengan mempelajari bahasa pada satu waktu. Artinya, akan lebih sulit jika kamu mempelajari banyak bahasa dalam satu waktu sekaligus.

Sebab, nantinya kamu justru kesulitan menyimpan semua informasi dan malah kehilangan sedikit demi sedikit dari setiap bahasa. Awali dengan mempelajari bahasa yang lebih mudah dan tingkatkan perlahan.

2. Ikuti kelas bahasa

Jika kamu kesulitan untuk mempelajari bahasa sendiri, menghadiri kelas bahasa bisa menjadi solusi. Dengan mengikuti kelas, kamu bisa lebih banyak berinteraksi sekaligus menguji pengetahuan bahasa yang sedang kamu pelajari.

3. Unduh aplikasi pembelajaran bahasa

Kini, banyak aplikasi yang menyediakan pembelajaran bahasa. Aplikasi ini bisa berupa kamus, flash card, permainan bahasa, sampai platform khusus yang menghubungkan pelajar bahasa satu sama lain sehingga kamu bisa berlatih bersama.

4. Baca buku yang sama dalam berbagai bahasa

Jika kamu suka membaca buku, coba membacanya dalam berbagai bahasa. Bukan cuma mengingat alur ceritanya saja, cara ini juga bisa mengasah kemampuan bahasa kamu dengan membandingkannya ke bahasa lain yang kamu pelajari.

5. Latih semua bahasa sesering mungkin

Untuk menjadi seorang polyglot, penting untuk melatih kemampuan berbahasamu sesering mungkin. Semakin banyak mengulang pengetahuan, semakin baik.

6. Temukan pasangan bahasa

Tips lain yang bisa kamu coba yakni mencari pasangan bahasa. Percaya atau tidak, tetapi ini bisa menjadi cara cepat untuk mempelajari sebuah bahasa. Jika kamu bisa menemukan seseorang dengan ambisi yang sama atau serupa untuk belajar bahasa, itu lebih baik.

7. Gunakan teknik laddering

Laddering adalah sebuah teknik dengan menempatkan bahasa yang kamu kenal dalam urutan atau hierarki mental. Sebagai contoh, bahasa dasarnya adalah bahasa Indonesia, yang kedua adalah bahasa Inggris, dan yang ketiga adalah bahasa Mandarin.

Jika ingin menerjemahkan sebuah kata ke dalam bahasa Mandarin, alih-alih langsung menerjemahkannya, kamu bisa menerjemahkannya ke bahasa Inggris dan kemudian ke bahasa Mandarin. Cara ini bisa memperkuat setiap bahasa dan membantu mencegah kebingungan antar bahasa.

8. Dengarkan musik, tonton film, atau media apa pun

Terlibat dalam semua bentuk media dalam berbagai bahasa yang kamu pelajari adalah cara yang bagus untuk mempelajari frasa dan bahasa gaul. Kamu bisa melihat persamaan dan perbedaan antara berbagai bahasa yang sedang kamu pelajari dan membandingkannya dengan bahasa ibu.

9. Gunakan teknik imersi saat mempelajari bahasa baru

Menulis, berbicara, mendengarkan, dan melakukan hal-hal aneh seperti mengubah bahasa ponsel dengan bahasa lain adalah cara unik untuk melatih diri dalam berbagai bahasa.

10. Cobalah teknik membayangi bahasa untuk melatih pelafalan

Kamu bisa mendengarkan audio sebanyak mungkin dalam bahasa target dan mengulangi apa yang kamu dengar. Cara ini akan membantu kamu untuk membiasakan diri dengan percakapan dalam bahasa asing.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu coba jika ingin menjadi seorang polyglot. Wajar jika mulanya kamu bingung saat mempelajari bahasa baru. Bahkan, bisa saja kamu merasa ingin menyerah di tengah jalan.

Namun, kamu tidak boleh pantang menyerah jika ingin menjadi seorang polyglot. Jangan terpaku dengan sebuah metode pembelajaran saja. Cari metode lain yang lebih efektif saat mengalami kesulitan.

Halodoc

Artikel Terbaru

Teguh Prakosa Resmi Jadi Wali Kota Solo

SEMARANG - Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana resmi melantik Teguh Prakosa Wali Kota Solo menggantikan Gibran Rakabuming Raka di Gedung Gradhika Bakti Praja, Kota Semarang, Jateng, Jumat (19/7) malam.

Menteri PMK Bilang Rp7.500 Sudah Sangat Besar untuk Makan Bergizi Gratis  

INN NEWS - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy turut buka suara soal anggaran program makan bergizi gratis Prabowo-Gibran yang mau dipangkas menjadi Rp 7.500 per porsi.

Makan Bergizi Gratis Prabowo-Gibran Ala Ahok, Gimana Itu?

JAKARTA - Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), mantan Gubernur DKI Jakarta yang dikenal dengan nama Ahok, memberikan komentarnya tentang program makan siang gratis yang menjadi program utama presiden terpilih Prabowo-Gibran. 

Ponakan Prabowo Jadi Wamenkeu Disebut Sebagai Signal Pengganti Sri Mulyani 

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi  mengangkat ponakannya yang juga Bendahara Umum Partai Gerindra Thomas Djiwandono menjadi wakil menteri keuangan II pada Kamis (18/7).

artikel yang mirip

Teguh Prakosa Resmi Jadi Wali Kota Solo

SEMARANG - Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana resmi melantik Teguh Prakosa Wali Kota Solo menggantikan Gibran Rakabuming Raka di Gedung Gradhika Bakti Praja, Kota Semarang, Jateng, Jumat (19/7) malam.

Menteri PMK Bilang Rp7.500 Sudah Sangat Besar untuk Makan Bergizi Gratis  

INN NEWS - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy turut buka suara soal anggaran program makan bergizi gratis Prabowo-Gibran yang mau dipangkas menjadi Rp 7.500 per porsi.

Makan Bergizi Gratis Prabowo-Gibran Ala Ahok, Gimana Itu?

JAKARTA - Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), mantan Gubernur DKI Jakarta yang dikenal dengan nama Ahok, memberikan komentarnya tentang program makan siang gratis yang menjadi program utama presiden terpilih Prabowo-Gibran.