HomeGaya HidupJarang Diketahui, Tomat Punya Banyak Khasiat untuk Tubuh, Apalagi Dimakan Tiap Hari

Jarang Diketahui, Tomat Punya Banyak Khasiat untuk Tubuh, Apalagi Dimakan Tiap Hari

Published on

spot_img

 328 total views

INN NEWS –Apakah Anda termasuk salah satu dari penggemar buah tomat?

Buah yang satu ini memang sangat mudah ditemukan dan sering menjadi pelengkap dalam menu sehat.

Selain rasanya yang segar, buah ini mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan. Bila rutin mengonsumsi tomat akan menjaga kesehatan jantung, meningkatkan kesehatan mata, hingga membuat kondisi tulang menjadi lebih kuat.

Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh 

Berikut deretan manfaat tomat bagi kesehatan tubuh, mengutip berbagai sumber yang disajikan Halodoc.

1. Menjaga kesehatan jantung
Tomat mengandung likopen yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Likopen adalah antioksidan yang membantu melindungi jantung dari kerusakan radikal bebas.

Melansir dari jurnal Annals of Nutrition and Metabolism yang berjudul Effect of Lycopene and Tomato Products on Cholesterol Metabolism, mengonsumsi tomat yang mengandung likopen mampu menurunkan kadar kolesterol jahat sehingga baik untuk menjaga kesehatan jantung.

2. Menurunkan tekanan darah
Kandungan kalium dalam tomat dapat membantu mengendalikan tekanan darah. Kalium membantu mengurangi ketegangan pada dinding pembuluh darah dan menurunkan risiko hipertensi.

3. Mencegah kanker
Likopen dalam tomat terkait dengan pengurangan risiko kanker, terutama kanker prostat, paru-paru, dan perut. Antioksidan dalam tomat membantu melawan sel-sel kanker dan mencegah pertumbuhannya.

Bahkan, melansir dari jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers, and Prevention yang berjudul Prospective Study of Carotenoids, Tocopherols, and Retinoid Concentrations and The Risk of Breast Cancer, melakukan penelitian terhadap beberapa wanita.

Hasilnya, mengonsumsi tomat bisa meningkatkan karotenoid dalam tubuh yang mencegah perkembangan sel kanker pada payudara.

4. Meningkatkan kesehatan mata
Tomat mengandung vitamin A, vitamin C, dan likopen yang baik untuk kesehatan mata. Nutrisi ini membantu mencegah degenerasi makula dan gangguan penglihatan lainnya.

5. Menjaga berat badan yang sehat
Tomat rendah kalori dan kaya serat, yang membantu menjaga rasa kenyang lebih lama. Hal ini dapat membantu mengontrol nafsu makan, menjaga berat badan yang sehat, dan mendukung program penurunan berat badan.

6. Menjaga kesehatan tulang
Tomat mengandung vitamin K dan kalsium, yang penting untuk kesehatan tulang yang baik. Kalsium membantu menjaga kepadatan tulang, sementara vitamin K mendukung penyerapan kalsium yang optimal.

Selain tomat, nyatanya ada buah lain yang bisa membantu kamu untuk menjaga kesehatan tulang. Simak jenis buahnya melalui artikel → 13 Khasiat Rutin Mengonsumsi Buah Persik bagi Kesehatan

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Vitamin C dalam tomat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi. Mengonsumsi tomat secara teratur dapat membantu menjaga tubuh tetap sehat dan mencegah penyakit.

8. Menjaga kesehatan kulit
Kandungan vitamin C dan likopen dalam tomat memberikan manfaat anti-penuaan pada kulit. Nutrisi ini membantu melawan kerusakan akibat paparan sinar matahari dan memperbaiki kerusakan kulit.

9. Meningkatkan pencernaan
Tomat kaya akan serat, yang membantu memperbaiki pencernaan dan mencegah sembelit. Serat juga mendukung pertumbuhan bakteri sehat dalam saluran pencernaan.

10. Menjaga kesehatan otak
Antioksidan dalam tomat dapat melindungi otak dari kerusakan oksidatif dan membantu menjaga kognisi yang baik. Nutrisi tomat dapat membantu mencegah penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer.

11. Menjaga kesehatan ginjal
Tomat memiliki sifat diuretik alami yang dapat membantu membersihkan ginjal dan mengurangi risiko batu ginjal.

Dalam rangka memanfaatkan manfaat tomat secara maksimal, sebaiknya mengonsumsinya dalam bentuk segar atau dengan cara yang tidak terlalu melalui proses panjang. Kamu dapat menikmati tomat dalam salad, jus, sup, saus, atau dijadikan bahan tambahan dalam berbagai hidangan.

Tomat adalah buah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Jadi, jangan ragu untuk menambahkan tomat ke dalam menu sehat kamu setiap harinya.

Kandungan Gizi di Dalam Tomat

1. Vitamin C
Tomat mengandung vitamin C yang tinggi, sehingga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari infeksi. Satu buah tomat ukuran sedang bisa menyediakan sekitar 25% dari kebutuhan harian vitamin C.

2. Vitamin A
Buah ini mengandung beta-karoten yang kemudian diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin A penting untuk kesehatan mata, kulit, dan pertumbuhan sel. Mengonsumsi tomat dapat membantu menjaga kesehatan mata dan kulit yang baik.

3. Vitamin K
Buah ini juga merupakan sumber vitamin K yang penting untuk pembekuan darah yang sehat dan menjaga kesehatan tulang. Vitamin K juga berperan dalam penyerapan kalsium dalam tubuh.

4. Antioksidan
Tomat mengandung likopen, sejenis antioksidan yang memberikan warna merah pada buah ini. Likopen membantu melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit, termasuk kanker dan penyakit jantung.

5. Serat
Tomat mengandung serat yang penting untuk pencernaan yang sehat. Serat membantu mencegah sembelit dan menjaga kesehatan saluran pencernaan secara umum.

6. Kalium
Tomat adalah sumber kalium yang baik. Kalium penting untuk menjaga tekanan darah yang sehat dan fungsi otot yang normal.

Selain itu, tomat juga rendah kalori dan rendah lemak, sehingga cocok untuk dikonsumsi dalam program diet sehat. Tomat juga memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga dapat membantu menjaga hidrasi tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari kandungan gizi dalam tomat, sebaiknya konsumsilah dalam keadaan segar atau dimasak dengan cara yang sedikit diproses.

Memasak tomat dengan sedikit minyak atau kombinasikan dengan sumber lemak sehat. Contohnya seperti minyak zaitun untuk membantu tubuh dalam menyerap likopen dengan lebih efisien.

Cara Mengonsumsi Tomat agar Bergizi

Tomat adalah buah yang sering digunakan sebagai bahan utama dalam banyak hidangan, termasuk salad, saus, dan sup. Tomat mengandung banyak nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin A, serat, dan likopen, yang merupakan senyawa dengan sifat antioksidan.

Agar dapat memperoleh manfaat nutrisi yang maksimal, berikut adalah beberapa cara mengonsumsi tomat agar bergizi:

1. Makan tomat mentah
Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan manfaat nutrisi tomat adalah dengan mengonsumsinya secara mentah. Kamu dapat menambahkan irisan tomat pada salad, sandwich, atau makan langsung sebagai camilan sehat. Pastikan untuk mencuci tomat dengan air bersih sebelum mengonsumsinya.

2. Memasak tomat dalam waktu singkat
Jika kamu lebih suka mengonsumsi tomat dalam keadaan matang, sebaiknya memasaknya dalam waktu singkat. Panas berlebih dapat mengurangi kadar nutrisi yang terkandung dalam tomat.

Cobalah untuk memasak tomat dalam waktu singkat atau mengukusnya agar tetap mengandung nutrisi yang optimal.

3. Memadukan dengan minyak zaitun
Likopen, senyawa antioksidan yang terdapat dalam tomat, lebih mudah diserap oleh tubuh jika dikonsumsi bersama dengan lemak sehat. Karena itu, mencampurkan tomat dengan sedikit minyak zaitun akan membantu tubuh untuk menyerap likopen dengan lebih efisien.

Kamu dapat membuat saus tomat dengan menambahkan minyak zaitun, atau mencampurkan irisan tomat dengan sedikit minyak zaitun dalam salad.

4. Jangan melewatkan kulit tomat
Sebagian besar kandungan serat dan nutrisi dalam tomat terdapat pada kulitnya. Karena itu, sebaiknya tidak mengupas kulit tomat ketika mengonsumsinya. Memakan tomat secara utuh dengan kulitnya akan membuat kamu mendapatkan manfaat nutrisi yang lebih banyak.

5. Kombinasikan dengan sumber protein
Untuk meningkatkan manfaat nutrisi tomat, cobalah untuk mengonsumsinya bersama dengan sumber protein seperti daging, ikan, atau produk nabati yang kaya akan protein seperti tahu atau tempe. Protein membantu meningkatkan penyerapan likopen dalam tubuh.

6. Jaga pengolahan tomat
Saat memilih produk olahan tomat seperti saus atau pasta tomat, pastikan untuk memperhatikan kandungan gula, garam, dan bahan tambahan lainnya.

Pilihlah produk yang memiliki kandungan bahan alami yang lebih tinggi dan hindari produk yang mengandung bahan pengawet dan pemanis buatan yang berlebihan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, hal tersebut memastikan bahwa kamu mendapatkan manfaat nutrisi maksimal dari tomat yang kamu konsumsi. Selamat menikmati tomat dalam berbagai hidangan sehat!

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Seputar Manfaat Tomat

1. Apa manfaat buah tomat bila dimakan mentah?
Buah tomat mentah memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, seperti menjadi sumber vitamin dan mineral, mengandung antioksidan likopen, tinggi serat, rendah kalori, menjaga kesehatan jantung, dan mendukung kesehatan mata.

2. Berapa banyak boleh makan tomat dalam sehari?
Tidak ada batasan yang khusus tentang berapa banyak tomat yang boleh kamu konsumsi dalam sehari. Tomat adalah makanan yang sehat dan dapat kamu masukkan ke dalam pola makan seimbang.

Sebagai pedoman umum, mengonsumsi beberapa buah tomat dalam sehari, seperti satu hingga tiga tomat ukuran sedang, aman dan sehat. Namun, penting juga untuk memperhatikan reaksi tubuh terhadap tomat dan berbicara dengan dokter atau ahli gizi jika memiliki kondisi kesehatan khusus atau alergi tertentu.

3. Kapan waktu terbaik makan tomat?
Tomat dapat kamu konsumsi kapan saja dalam sehari sesuai dengan kebutuhan dan preferensi. Beberapa orang lebih suka menyertakan tomat dalam sarapan, misalnya dalam bentuk jus atau irisan segar dalam sandwich.

Tomat juga bisa menjadi bagian dari makan siang atau makan malam, baik sebagai bahan dalam saus, sup, atau salad.

 

Artikel Terbaru

Ke Kampung Gitar Legendaris Sukoharjo yang Mendunia, Pulang Bawa Gitar Home Industry Berkualitas

Memiliki julukan kampung gitar, Desa Ngrombo dan Desa Mancasan, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah ini memiliki keunikan lantaran mayoritas warganya berprofesi sebagai pengrajin gitar.

MK Pernah Batalkan Hasil Pemilu Akibat Kecurangan, Sudah Tahu?

INN NEWS – Proses sidang sengketa Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 saat ini telah mendekati hari pemutusan yang dijadwalkan pada Senin, 22 April 2024.

Tragis, Ibu Muda Gantung Diri Depan Anak, Stres Ditinggal Suami Usai Diduga Selingkuh

AMBON - Kabar duka datang dari ibu muda Tasya Imanuela Frimansya Siahaya (23) yang mengakhiri hidupnya dengan menggantung diri di depan mata anaknya sendiri pada Selasa(16/4/2024) malam.

Arab Saudi Diam-diam Bantu Israel Tangkis Serangan Iran

INN Internasional - Jerusalem Post, Selasa, 16 April 2024 memberitakan bahwa Kerajaan Arab Saudi membantu Israel untuk menangkis serangan Iran belum lama ini.

artikel yang mirip

Ke Kampung Gitar Legendaris Sukoharjo yang Mendunia, Pulang Bawa Gitar Home Industry Berkualitas

Memiliki julukan kampung gitar, Desa Ngrombo dan Desa Mancasan, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah ini memiliki keunikan lantaran mayoritas warganya berprofesi sebagai pengrajin gitar.

MK Pernah Batalkan Hasil Pemilu Akibat Kecurangan, Sudah Tahu?

INN NEWS – Proses sidang sengketa Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 saat ini telah mendekati hari pemutusan yang dijadwalkan pada Senin, 22 April 2024.

Tragis, Ibu Muda Gantung Diri Depan Anak, Stres Ditinggal Suami Usai Diduga Selingkuh

AMBON - Kabar duka datang dari ibu muda Tasya Imanuela Frimansya Siahaya (23) yang mengakhiri hidupnya dengan menggantung diri di depan mata anaknya sendiri pada Selasa(16/4/2024) malam.