HomeGaya HidupJarang Diketahui, Ini Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan Tubuh dan Wajah

Jarang Diketahui, Ini Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan Tubuh dan Wajah

Published on

spot_img

 275 total views

INN NEWS – Bawang merah dikenal sebagai bumbu masak penguat rasa. Namun, di balik kegunaannya untuk masakan, umbi-umbian ini juga bisa digunakan untuk merawat kesehatan tubuh.

Kandungan anthocyanin pada bumbu dapur ini dapat bekerja melindungi tubuh dari penyakit jantung, beberapa jenis kanker, dan diabetes. Selain anthocyanin, sayuran ini juga mengandung berbagai vitamin, mineral, dan senyawa yang telah terbukti meningkatkan kesehatan dalam banyak hal.

Manfaat Bawang Merah untuk Tubuh

Bawang mengandung banyak fitokimia yang dapat membantu menangkal penyakit dan meningkatkan kesehatan. Berikut adalah manfaatnya lebih lanjut:

1. Melawan penyakit jantung

Bawang merah mengandung senyawa kuat yang disebut alil sulfida yang membantu mencegah penyakit jantung. Vitamin C yang terdapat di dalamnya juga bertindak sebagai antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Sedangkan flavonoid quercetin pada bumbu masak ini, membantu menurunkan tekanan darah dan peradangan.

2. Mencegah kanker

Alil sulfida dalam bawang ini juga memberikan perlindungan terhadap kanker. Bumbu masak ini bertanggung jawab untuk mengatur beberapa jalur yang terkait dengan perkembangan kanker.

Hal ini termasuk menghentikan siklus sel, mencegah migrasi sel kanker, dan menginduksi apoptosis. Meski begitu, masih membutuhkan studi lebih lanjut untuk membuktikan khasiatnya terhadap penyakit kanker.

lebih efektif, tambahkan sejumput bubuk kunyit sebagai tambahannya. Pijat dan diamkan selama 5 menit sebelum dibilas.

3. Mengurangi risiko obesitas

Bawang merah merupakan sumber serat larut. Ini membuatnya menjadi makanan prebiotik yang kuat. Artinya, sayuran dengan nama latin Allium cepa L ini dapat membersihkan usus, sehingga sedikit banyak membantu menurunkan berat badan dan menghilangkan lemak perut.

4. Mendukung kesuburan pria

Ekstrak kulit bawang merah dapat meningkatkan aktivitas saluran epididimis. Pada akhirnya berperan penting dalam fungsi sperma.

5. Meningkatkan memori

Bawang merah mengandung inulin. Ini merupakan serat prebiotik larut yang memberi makan bakteri sehat di usus. Inulin dapat memberikan manfaat pada suasana hati dan kinerja otak.

6. Menjaga kesehatan mulut

Bawang merah mengandung senyawa belerang yang memiliki sifat antibakteri. Ini berarti makanan ini dapat membantu melawan bakteri yang menyebabkan bau mulut, kerusakan gigi, gigi berlubang, dan penyakit gusi. Selain itu, ia juga dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker mulut.

7. Menyuburkan rambut

Salah satu manfaat lain yang umum diketahui adalah kemampuannya untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Konsentrasi belerang yang tinggi pada bawang merah, membantu meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala dan mendorong pertumbuhan folikel rambut.

Pada akhirnya ini mencegah kerontokan rambut dan kondisi kulit kepala seperti ketombe. Untuk mendapatkan manfaat ini bisa dengan memasukkan bawang merah pada makanan, atau membuat jus bawang merah dan mengoleskannya ke kulit kepala.

8. Memperbaiki warna kulit

Bawang merah dapat membantu mengencangkan kulit dan memperbaiki warna kulit. Antioksidan di dalamnya dapat melawan radikal bebas. Radikal bebas dapat merusak sel-sel kulit, yang menyebabkan penuaan dini.

Selain itu, kandungan sulfurnya juga dapat membantu mengurangi jerawat dengan mengurangi peradangan dan membunuh bakteri. Untuk mendapatkan manfaat bagi kulit, cukup potong beberapa iris dan oleskan langsung pada wajah. Tunggu 10-15 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

9. Mencegah osteoporosis

Menambahkan bahan makanan ini ke dalam pola makan dapat membantu mencegah osteoporosis. Senyawa quercetin membantu menjaga tulang tetap sehat dan kuat. Bawang merah juga mengandung selenium yang terbukti memiliki efek antiradang pada persendian dan jaringan.

10. Menghilangkan alergi musiman

Selain manfaat yang sudah disebutkan tadi, quercetin juga dapat membantu memerangi alergi musiman. Quercetin menghambat produksi histamin, senyawa peradangan. Tak berhenti disitu, senyawa ini juga dapat membantu mengurangi gejala alergi, seperti bersin, mata berair, dan pilek.

Manfaat Bawang Merah untuk Wajah

Sebagai umbi-umbian yang mudah didapatkan, bawang merah secara spesifik juga bermanfaat untuk wajah. Berikut adalah manfaatnya:

1. Mengobati jerawat

Menurut jurnal ilmiah berjudul Therapeutic Uses and Pharmacological Properties of Shallot (Allium ascalonicum): A Systematic Review, yang dipublikasikan di Frontiers Media, menyebutkan bahwa bawang merah mengandung sifat antimikroba dan antiinflamasi. Itu membuatnya berpotensi mengatasi masalah jerawat. Senyawa sulfur organik yang terdapat di dalamnya memberikan sifat profilaksis (mencegah infeksi) dan kuratif (menyembuhkan) terhadap banyak infeksi.

2. Mengurangi tanda-tanda penuaan

Jurnal ilmiah berjudul Onion (Allium cepa L.) is potentially a good source of important antioxidants yang dipublikasikan di Journal of Food Science and Technology menyebutkan kalau bawang merah kaya akan antioksidan.

Antioksidan menetralkan radikal bebas sehingga tidak dapat menimbulkan kerusakan, termasuk pada kulit wajah. Antioksidan juga bisa mengatasi tanda-tanda penuaan berkat kandungan vitamin C, vitamin E, dan berbagai fitokimia yang kuat. Mulai dari garis-garis halus, kerutan, flek hitam dan kulit kusam.

3. Mencerahkan kulit wajah

Mengaplikasikan irisan bawang merah segar dapat mencerahkan wajah kusam. Antioksidan dan vitamin yang ada dalam sayuran memberikan dorongan kecantikan yang signifikan pada sel-sel kulit. Secara spesifik ini dapat menghasilkan kulit sehat dan bercahaya.

4. Mengatasi masalah pigmentasi

Bawang ini juga kaya akan vitamin C. Ini membantu mengatasi bintik hitam, bercak-bercak di wajah, termasuk pigmentasi. Supaya lebih efektif, tambahkan sejumput bubuk kunyit sebagai tambahannya. Pijat dan diamkan selama 5 menit sebelum dibilas.

5. Mengecilkan pori-pori

Selain manfaat yang sudah disebutkan tadi, bawang merah juga dapat membantu mengecilkan pori-pori di wajah. Caranya cukup sederhana. Iris tipis dan oleskan di wajah. Tunggu 3 – 5 menit sebelum akhirnya wajah dibilas dengan air hangat.

Efek Samping Konsumsi Bawang Merah Berlebih

Segala sesuatu yang berlebihan tidak pernah baik. Begitu juga dengan bahan makanan ini. Lantas, apa saja efek samping konsumsi bawang merah berlebihan?

1. Menyebabkan mulas

Pada beberapa orang, bisa jadi sensitif penggunaannya memicu sensitif. Pun, karena memang bumbu ini memiliki senyawa yang menguatkan rasa, bila terlalu berlebihan memang bisa memicu gangguan pencernaan.

2. Bau mulut

Sebagian besar bawang-bawangan memang bisa menyebabkan bau mulut. Untuk mengatasinya, kamu bisa membersihkan gigi atau berkumur sesudah makan.

3. Interaksi obat

Bawang merah memiliki efek antikoagulan potensial. Ini berarti dapat membantu mencegah pembentukan gumpalan darah. Meskipun ini mungkin terdengar bermanfaat, ini bisa menjadi masalah. Terutama jika kamu sedang mengonsumsi obat tertentu.

Halodoc

Artikel Terbaru

Ke Kampung Gitar Legendaris Sukoharjo yang Mendunia, Pulang Bawa Gitar Home Industry Berkualitas

Memiliki julukan kampung gitar, Desa Ngrombo dan Desa Mancasan, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah ini memiliki keunikan lantaran mayoritas warganya berprofesi sebagai pengrajin gitar.

MK Pernah Batalkan Hasil Pemilu Akibat Kecurangan, Sudah Tahu?

INN NEWS – Proses sidang sengketa Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 saat ini telah mendekati hari pemutusan yang dijadwalkan pada Senin, 22 April 2024.

Tragis, Ibu Muda Gantung Diri Depan Anak, Stres Ditinggal Suami Usai Diduga Selingkuh

AMBON - Kabar duka datang dari ibu muda Tasya Imanuela Frimansya Siahaya (23) yang mengakhiri hidupnya dengan menggantung diri di depan mata anaknya sendiri pada Selasa(16/4/2024) malam.

Arab Saudi Diam-diam Bantu Israel Tangkis Serangan Iran

INN Internasional - Jerusalem Post, Selasa, 16 April 2024 memberitakan bahwa Kerajaan Arab Saudi membantu Israel untuk menangkis serangan Iran belum lama ini.

artikel yang mirip

Ke Kampung Gitar Legendaris Sukoharjo yang Mendunia, Pulang Bawa Gitar Home Industry Berkualitas

Memiliki julukan kampung gitar, Desa Ngrombo dan Desa Mancasan, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah ini memiliki keunikan lantaran mayoritas warganya berprofesi sebagai pengrajin gitar.

MK Pernah Batalkan Hasil Pemilu Akibat Kecurangan, Sudah Tahu?

INN NEWS – Proses sidang sengketa Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 saat ini telah mendekati hari pemutusan yang dijadwalkan pada Senin, 22 April 2024.

Tragis, Ibu Muda Gantung Diri Depan Anak, Stres Ditinggal Suami Usai Diduga Selingkuh

AMBON - Kabar duka datang dari ibu muda Tasya Imanuela Frimansya Siahaya (23) yang mengakhiri hidupnya dengan menggantung diri di depan mata anaknya sendiri pada Selasa(16/4/2024) malam.